Friday 8 February 2013

Mengobati mata merah karena debu

Suatu hari ketika anda sedang cuci mata (baca: jalan-jalan) di mall, di super market atau di pasar, pastinya anda akan menebar pandangan kesana kemari bukan? Nah, sedang asik-asiknya melihat-lihat kekanan dan kekiri, ada angin kenceng tuh bertiup wuz... wuz... wuz... baik sedikit atau banyak, tentunya akan ada debu kan yang masuk kemata. Didiamkan sakit dan pedih, di kucek akan melukai mata, jadi serba salah. Kalau di pasar tentu kita akan segera bisa membeli obat tetes mata untuk dapat membersihkan debu tersebut dari indera penglihatan anda tentunya. Atau anda bisa menggunakan Boorwater untuk mencuci mata ketika di rumah. Boorwater dan obat tetes mata adalah cara yang paling cepat untuk mengobati merah karena debu.
Jika kita mau merujuk cara nenek moyang kita dahulu ketika belum ada obat tetes mata ataupun boorwater untuk mencuci mata kita, kita bisa menggunakan beberapa lembar daun sirih saja. Bagaimana cara menggunakannya? yuk.... dibaca lebih lanjut.
Berikut ini adalah cara mengobati Pertama-tama siapkan beberapa lembar daun sirih yang masih muda, bisa lima atau enam lembar. Sesudah dicuci bersih, remas-remaslah daun-daun sirih tadi hingga lemas. Sementara itu masak air secukupnya sampai mendidih dengan panci. Setelah mendidih turunkan dari perapian lalu masukkan daun-daun sirih muda tadi kedalam air mendidih tersebut hingga air yang panas tadi menjadi hangat-hangat kuku. Kemudian saring air rendaman daun sirih muda tadi dengan kain yang bersih (baca: suci hama) kedalam mangkuk atau wadah yang sekiranya cukup untuk merendam wajah anda.
Cara menggunakannya rendam mata anda kedalam air itu serta kedip-kedipkanlah agar kotoran yang ada di mata anda bisa larut bersama air sirih tersebut. Lakukanlah secara rutin setelah tiga atau empat bulan, untuk menjaga salah satu indera yang sangat berharga anda senantiasa sehat, dan tentunya bisa terus melihat yang bening-bening. hehehehe...... 
Semoga bermanfaat bagi anda semua.
Selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca Artikel saya. Alangkah indahnya jika anda meninggalkan sebuah komentar.