Wednesday 20 February 2013

Gejala Kanker Tulang

Diagnosa kanker dapat dengan mudah mengubah kehidupan seseorang mengingat dampak fisik dan emosi yang bisa jadi dihadapi pasien dan keluarga serta orang-orang yang mengasihi mereka.
Bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai kanker tulang, artikel ini akan menjelaskan kepada Anda tentang beberapa hal seputar kanker tulang.
Anda akan mengetahui apa itu kanker tulang, cara menghindari kanker tulang, dan bagaimana Anda dapat mengetahui gejala-gejala kanker tulang.

Sekilas Kanker Tulang dan Gejala-Gejala Kanker Tulang

Secara umum, kanker tulang dibagi menjadi 2 jenis yaitu kanker tulang sekunder dan kanker tulang primer. Kanker tulang sekunder adalah kanker tulang yang disebabkan oleh sel-sel kanker yang berasal dari organ lain dan menyebar (metastatis) ke tulang, misalnya kanker paru-paru yang menyebar ke tulang dan menjadi kanker tulang.
Tipe-tipe kanker yang paling umum yang dapat menyebar ke tulang adalah kanker paru-paru, kanker payudara,  dan kanker prostat. Sedangkan kanker tulang primer adalah kanker tulang yang disebabkan oleh sel-sel kanker yang berasal dari tulang.
Kasus kanker tulang primer lebih jarang terjadi dibandingkan kanker tulang sekunder. Hingga kini, penyebab kanker tulang belum dapat diketahui secara pasti. Gejala-gejala kanker tulang meliputi rasa nyeri pada tulang, adanya suatu massa atau benjolan pada tulang dan jaringan di sekitarnya yang terkena kanker, demam, menggigil, keringat waktu malam, dan penurunan berat badan dapat terjadi.

Pencegahan Kanker Tulang

Walaupun belum diketahui penyebab pastinya, kita masih dapat melakukan beberapa langkah pencegahan agar bisa terhindar dari penyakit ini dengan memahami bagaimana proses timbulnya kanker.
Biasanya, kanker muncul karena adanya radikal bebas dan zat karsinogen dalam tubuh. Karena itu, pencegahan yang dapat dilakukan secara umum adalah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti menjauhi rokok dan alkohol, menghindari makanan yang mengandung banyak lemak dan zat karsinogen, mengonsumsi  makanan dan minuman yang mengandung antioksidan dan mineral penting lainnya, serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur (terutama bagi yang memiliki faktor resiko yang tinggi untuk terkena kanker).

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca Artikel saya. Alangkah indahnya jika anda meninggalkan sebuah komentar.