Sunday 18 November 2012

Siwak VS Sikat Gigi

SIWAK VS SIKAT GIGI
Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh
Mari kita membahas tema kita hari ini dan kita sudah terbiasa untuk membahas tema-tema yang kita anggap penting atau yang dapat mendekatkan kita kepada Rob kita, agar kita mengenal hukum-hukum Alloh dalam setiap langkah kita, pergerakan kita serta diamnya kita..

Tema kita hari ini adalah tentang siwak, apa itu siwak ? ranting dari po

hon arook dikupas ujungnya digosokkan pada mulut. Siwak ini diwasiatkan oleh kekasih kita Muhammad sholallohu 'alaihi wa sallam.

Beliau bersabda, sebagaimana didalam Bukhory dan Muslim, " Seandainya tidak memberatkan umatku niscaya akan aku perintahkan untuk bersiwak setiap kali akan solat ".

Maka disukai penggunaan siwak setiap kali solat, disukai penggunaan siwak setiap kali wudhu, disukai penggunaan siwak ketika masuk rumah sebagaimana didalam sohih Muslim, Para Sahabat bertanya pada 'A'isyah apa yang pertama kali dilakukan Rosululloh sholallohu 'alaihi wa sallam ketika masuk rumah..??? beliau menjawab " bersiwak ". Disukai penggunaan siwak ketika bangun tidur, ketiaka bau mulut sudah berubah.....berdasarkan apa...???

Berdasarkan apa yang telah diriwayatkan Al Imam Ahmad dengan sanad sohih bahwasanya Nabi sholallohu 'alaihi wa sallam bersabda, " Siwak itu menyucikan mulut dan diridhoi oleh Alloh "

Kadang-kadang ada yang bertanya apa fawa'id/manfaat siwak pada jaman sekarang padahal sudah ada pasta gigi, ada sikat gigi dan lain-lain( obat kumur-pent)...???

Kita katakan, saudaraku yang mulia kadang-kadang sikat dan pasta gigi membersihkan mulut akan tetapi tidak menyucikannya(math harotun), jadi sikat dan pasta gigi membersihkan mulut akan tetapi siwak menyucikan mulut.....sungguh ajaiiiiibbb...apa perbedaan ini dan itu...???

Siwak berbeda dengan sikat, kalau sikat membersihkan sisa makanan yang ada diantara gigi, akan tetapi apa yang diperbuat siwaaaakkk....???

Marilah kemari bersamaku untuk mengetahui hal ini menurut sisi pandang kedokteran modern, agar kita tahu tentang sebuah berita yang amat sangat menakjubkan.....!!!!!

Berkata ahli micro organisme, telah sangat jelas setelah dilihat dengan miscroscop, bahwa setiap butir gigi manusia terdapat 1000 sampai 3000 kuman, ini tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, ini nyata ada pada banyak manusia, bahkan setiap manusia. Kemudian mereka mengatakan bila seorang manusia meletakkan ranting kayu arook dimulutnya lalu menggosokkanya, maka liur akan bekerjasama dengan siwak untuk kemudian menghasilkan zat yang akan membunuh seluuuruuuuuhhh kuman-kuman yang berada pada mulut........!!!!!!!

Maka benarlah Rosululloh sholallohu 'alaihi wa sallam, " Siwak menyucikan mulut dan diridhoi oleh Alloh ".

Maka apabila datang perintah Rosululloh sholallohu 'alaihi wa sallam hendaknya engkau memahami bahwa hal itu akan membawa pada kebahagiaan dunia dan akhirat, dan bahwasanya kekasih kita tidaklah berbicara kecuali berdasarkan wahyu dari Alloh tabaroka wa ta'ala.

Maka ketika beliau bersabda, " Seandainya tidak memberatkan umatku niscaya akan kuperintahkan untuk bersiwak setiap kali wudhu " dalam riwayat lain " setiap kali solat ".......ini menunjukkan apa...??? ini menunjukkan bahwa beliau menginginkan agar engkau bahagia serta menginginkan kesucian mulutmu.

Dan ketika telah sah dalam sohih Muslim sebuah hadis dari Abu syuraih rodiyallohu 'anhu, Para sahabat bertanya pada 'A'isyah apa yang pertama kali dilakukan Rosululloh sholallohu 'alaihi wasallam ketika memasuki rumah...??? 'A'isyah menjawab" bersiwak "....untuk apa beliau menyucikan mulutnya...untuk bertemu dengan istri dan anaknya, ini adalah adab yang mulia,

Agar tidak keluar dari mulutmu bau yang tidak enak yang menggangu istri dan anak-anakmu, atau teman-temanmu, atau orang yang akan duduk bersamamu......!!!

Wahai orang yang merokok...apakah engkau mengetahui bahwa orang-rang disekitarmu merasa terganggu dengan bau mulutmu...??? apakah engkau mengetahui bahwa istrimu terganggu meskipun ia tidak menyatakanya terus terang...serta anakmu yang kecil yang kadang-kadang engkau cium, ia terganggu.....!!!

Bahkan para malaikat merasa terganggu dengan apa yang mengganggu anak Adam.....maka sucikanlah mulut-mulut kalian dengan siwak dan ketahuilah bahwasanya Nabi Muhammad sholallohu 'alaihi wa sallam sesungguhnya mengarahkan kalian menuju kebahagiaan agama, dunia, serta kebahagiaan di akhirat kelak.....sampai bertemu kembali wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Makalah ini adalah merupakan terjemahan dari tausiyah Syaikh Wahid abdus salam

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca Artikel saya. Alangkah indahnya jika anda meninggalkan sebuah komentar.